Selasa, 09 Juli 2019

Tips Memilih Kedalaman Pengeboran Air Bersih Yang Baik

jasa pengeboran air bersih jasa pengeboran air tanah di ciputat jasa pengeboran air tanah dalam jasa pengeboran air tanah di tangerang selatan jasa pengeboran air tanah pamulang jasa pengeboran air tanah ciputat jasa pengeboran air tanah murah jasa pengeboran air tanah jakarta selatan jasa pengeboran air tanah di pondok benda jasa pengeboran air minum
Skema Lapisan Tanah
Tips Memilih Kedalaman Pengeboran Air Bersih Yang Baik - Di Dalam kehidupan sehari – hari sebagai manusia tidaklah bisa terlepas dengan air bersih yang mana air bersih menjadi hal yang sangat vital untuk di konsumsi oleh manusia mulai dari dikonsumsi untuk minum, memasak makanan, mandi dan kebutuhan air bersih didalam kehidupan rumah tangga lainnya. Tetapi hal yang juga sangat penting diperhatikan oleh pengguna air bersih yaitu sumber mata airnya saat proses membuat sumur bor harus di identifikasi terlebih dahulu agar sumur bor air bersih bisa di gunakan jangka panjang.

Untuk membuat sumur bor air bersih yang baik untuk dikonsumsi tidak bisa langsung kita menentukan kedalaman sumur bor air bersih yang kita inginkan. Karena setiap wilayah memiliki geografis dan kandungan tanah yang berbeda – beda sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kedalaman sumur bor air bersih yang layak untuk di konsumsi untuk rumah tangga maupun kebutuhan lainnya.


Beberapa daratan rendah umumnya memiliki kedalaman sumber air bersih dengan rata – rata sekitar 6 – 10 meter nah biasanya akan terdapat air bersih dengan kualitas middle (sedang). Karena ini disebabkan dengan kedalaman tersebut dipastikan sumur bor air bersih masih mengandung unsur – unsur air resapan dari lingkungan sekitar.

Apalagi jika lokasi yang dipilih untuk pengeboran air bersih berada pada area yang rawan banjir maka sudah pasti kualitas sumber air nya termasuk kurang baik untuk di konsumsi walaupun ketersediaan sumber air sangat melimpah maka solusinya adalah mencari titik lokasi pengeboran air bersih di wilayah dataran tinggi.

Akan jauh berbeda dengan wilayah dataran tingggi walaupun untuk mencari lokasi nya cukup sulit namun air bersih yang dihasilkan akan jauh berbeda karena kualitas air yang dikonsumsi cenderung lebih baik dan paling layak untuk di konsumsi. Rata – rata kedalaman untuk pengeboran air bersih di angka 18 meter – 23 meter.

Memilih lokasi membuat sumur bor air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

Mementukan lokasi untuk pengeboran air bersih bisa dilakukan dengan memahami struktur tanah dan memahami lapisan tanah dari lubang pengeboran di setiap lapisan tanahnya.

Lokasi Sumur Bor Air Bersih Dataran Rendah

Wilayah dataran rendah yang memiliki sumber air pada kedalaman 5 – 10 meter umumnya sudah sangat melimpah. Namun yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah ketika sudah terdapat sumber air namun pengeborannya belum sampai pada lapisan tanah yang berpasir, berbatu atau cadas maka kedalaman harus ditambah. Jika proses pengeboran di hentikan pada lapisan berlumpur sudah dipastikan air belum bisa dikonsumsi dengan aman dan baik untuk rumah tangga.


Maka dari itu pekerja sumur bor harus mengabaikan sumber air yang berada pada permukaan atas, karena jika dilihat secara teknis kualitas mutu air bersih yang paling baik ada dilapisan paling bawah sehingga jauh dari pencemaran lingkungan air kotor rumah tangga dan sejenisnya. Sehingga untuk mengatasi efek resapan pencemaran lingkungan, lubang sumur bor harus dipasangkan pipa casing hingga melewati batas lapisan tanah berlumpur. Dengan ini akan meminimalisir tingkat pencemaran dan tentunya air yang diperoleh akan jauh lebih baik dan layak sebagai sumber air konsumsi.

Lokasi Sumur Bor Air Bersih Dataran Tinggi

Seperti yang dijelaskan secara singkat di atas bahwa untuk lokasi sumur bor yang berada pada daerah dataran tinggi akan memiliki kualitas air yang cukup baik meskipun kesulitan untuk mendapatkannya terkendala oleh tingkat kedalaman yang terkadang sangat memakan banyak biaya.

Namun keuntungan yang didapatkan jika pengeboran dilakukan pada wilayah dataran tinggi akan jauh dari pencemaran lingkungan, artinnya sangat minim sekali. Dan tentunya memasang pipa casing pada sumur bor air bersih bukan hal yang mutlak sepenuhnya untuk menjaga kualitas air bersih tetapi juga menjaga keselamatan lubang sumur bor air bersih dari longsoran tanah, longsoran batu dan hal kejadian alam lainnya.



Nah untuk kesimpulannya singkatnya dalam memperoleh air bersih tidak bisa serta merta ditentukan oleh sumber air yang melimpah ataupun kedalaman sumur bor air bersih yang harus dicapai. Karena beberapa pengalaman terjadi pengeboran yang dilakukan terlalu dalam justru kehilangan sumber mata air karena pipa pengeboran sudah menembus ke lapisan tanah yang kosong terhadap air sehingga air bersih akan terhisap kedalam.

Jadi hal yang paling tepat dilakukan sebagai acuan untuk melakukan pengeboran sumur air bersih adalah

  1. Melakukan survey rumah-rumah di sekitar untuk kedalaman air bersih untuk menjadi gambaran umum pekerja jasa pengeboran air bersih dan instalasinya.
  2. Memilih lokasi titik pengeboran air bersih yang jauh dari resapan air kotor seperti sepcitank.
  3. Menghubungi JASA PENGEBORAN AIR BERSIH yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Jika anda memiliki masalah air bersih untuk rumah tangga dan ingin mengebor  air bersih dilokasi baru segera menghubungi kami andalan terpercaya untuk Jasa Pengeboran Air Bersih dan Instalasinya. (Khusus Wilayah JABODETABEK).

HUBUNGI KAMI :
JASA PENGEBORAN AIR BERSIH
HP : 0821-1201-6321
Whatsapp : 082112016321
Telephone : 021-27591-551

Tidak ada komentar:

Posting Komentar